29/10/18 WARTA PERAWAT - PPNI Jakarta: Lulusan Perlu Profesional & Dukung Program Pemerintah

Infokom DPP PPNI-Kegiatan wisuda dan angkat sumpah merupakan salah satu kegiatan terencana yang diselenggarakan pada akhir tahun ajaran, dan ini menjadi bagian yang tak terpisahkan dari penyelenggaraan pendidikan tenaga kesehatan yang telah menyelesaikan masa studi.

Wisuda juga menjadi simbol kebanggaan para lulusan di hadapan civitas akademika, organisasi profesi, stake holder, dan keluarga karena telah berhasil menamatkan pendidikannya.

Dalam hal ini, Akademi Keperawatan Manggala Husada telah mengadakan kegiatan tersebut, dalam rangkaian kegiatan sekaligus dilakukannya serah terima para lulusan dari institusi pendidikan ke organisasi profesi Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI).

Acara ini dihadiri Direktur Utama sekaligus Ketua Pembina Yayasan Bhakti Husada Jaya Dr. Hasmoro, yang telah memberikan beasiswa dan mensupport peningkatan mutu perguruan tinggi di Akper Manggala Husada.

Hadir pula Direktur Medis, yang juga Sekretaris Yayasan Bhakti Husada Jaya Dr. Binsar S, Sp.Og, Direktur Umum dan Keuangan Hermina Group sekaligus Ketua Yayasan Yulisar Khiat, SE, MARS dan para undangan laiinnya.

Pada kesempatan ini, Ns. Jajang Rahmat, M.Kep, Sp.Kom selaku Ketua DPW PPNI DKI Jakarta menyampaikan sambutannya melalui Ns. Nana Supriyatna, M.Kep, Sp.Kom Ketua DPD PPNI Jakarta Pusat, pada acara wisuda dan angkat sumpah lulusan Akper Manggala Husada, di Ballroom Hermina Tower Lt 25, Kemayoran, Jakarta Pusat-DKI Jakarta, Rabu (17/10/2018).

PPNI mengucapkan selamat atas wisuda dan pengucapan sumpah profesi atau sumpah perawat lulusan Akper Manggala Husada, dan ucapan terimakasih kepada penyelenggara pendidikan keperawatan Akper Manggala Husada yang telah menyiapkan institusi pendidikan keperawatan ini dengan baik, serta para orang tua yang telah mendukung dan meridokan putra putrinya menjadi profesi perawat.

Dikatakannnya, bagi lulusan baru yang akan bekerja di ranah keperawatan yang akan mengemban amanah bidang kesehatan khususnya keperawatan yang merupakan salah satu prioritas pembangunan karena terkait langsung dengan "kebutuhan dasar" manusia yang berpengaruh kuat terhadap pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas.

Lanjutnya, saat ini terdaftar di PPNI Provinsi DKI Jakarta sebanyak 32.000 orang. Tentunya jumlah ini masih akan terus bertambah karena PPNI sedang terus mendata jumlah perawat di DKI Jakarta. Tentunya dengan kekuatan sebanyak itu mudah-mudahan PPNI akan siap memberikan pelayanan keperawatan terbaik di Provinsi DKI Jakarta. Disamping itu, dapat meningkatakan pelayanan kesehatan bagi Masyarakat, dan meningkatkan kesehatan lingkungan di Jakarta sehingga dapat membantu mendukung Jakarta Maju Kotanya dan Bahagia Warganya.

Menurutnya, PPNI DKI Jakarta berupaya meningkatkan kemampuan dan profesionalisme dengan menerapkan Program Pengembangan Keprofesian Keperawatan Berkelanjutan terhadap perkembangan keperawatan guna memenuhi tuntutan pelayanan kesehatan masyarakat yang semakin meningkat.

Diakhir sambutannya, Nana Supriyatna yang mewakili Ketua DPW PPNI DKI Jakarta, mengajak kepada seluruh lulusan baru untuk terus menyiapkan diri dan bersinergi mendukung program pemerintah DKI Jakarta kedepan. Semoga dengan sinergisitas yang dimiliki dapat memberikan hasil karya terbaik untuk masyarakat di DKI Jakarta. Tetap memegang teguh kode etik profesi dan sikap profesionalisme perawat DKI Jakarta, dengan memberi dan menebar kebaikan.

Sementara itu, dalam kesempatan sebelumnya, Direktur Akper Manggala Husada Ns. Suryani Hartati, M.Kep, Sp.Kep.Mat saat menyampaiakan laporan pendidikan wisuda dan angkat sumpah akper Manggala Husada angkatan XXII.

Hartati mengatakan, bahwa saat ini semua memberi kesaksian atas upacara wisuda dan angkat sumpah, dimana wisudawan disumpah oleh organisasi profesi yaitu PPNI untuk siap membantu Klien, keluarga dan masyarakat yang mengalami masalah kesehatan sesuai dengan kebutuhan objektif klien. Tentunya akan memperlakukan klien sebagai manusia yang bermartabat, dan memperlakukan klien dengan adil tanpa perbedaan.

Ia mengungkapkan, mulai hari ini para wisudawan telah menjadi tenaga kesehatan, juga dikenal oleh Institusi Pelayanan Kesehatan dengan gelar Ahli Madya Keperawatan (AMd.Kep).

Hartati juga mengingatkan kepada para lulusan untuk menjaga identitas diri dan menunjukkan sebagai tenaga keperawatan yang memiliki kompetensi yang baik serta harus menjaga tindakan dan perilaku dalam norma dan etika keperawatan, dan terus mencintai institusi sebagai almamater.

Dikesempatan ini, kepada ke 6 mahasiswa yang telah meraih keberhasilan atau predikat terbaik, ia katakan atas nama seluruh civitas akademik Akper Manggala Husada, menyampaikan selamat dan penghargaan setinggi-tingginya, semoga prestasi yang didapat, setidaknya dapat dipertahankan dan seyogyanya dapat ditingkatkan dimasa mendatang.

Ia pun berharap supaya para lulusan dapat bertanggung jawab, memiliki moral yang tinggi dan juga sifat caring untuk menjadi perawat vokasional dalam mengemban tugasnya di tengah masyarakat, berbangsa dan bernegara tanpa melupakan almamater Akper Manggala Husada, tempat menimba ilmu sebelumnya.

Mengakhiri laporannya, Hartati menyampaikan bahwa pada tahun ini, para lulusan akan langsung bekerja di RS Hermina di seluruh Indonesia. Sedangkan untuk mahasiswa RPL dipersilahkan kembali ke institusi masing-masing yang selama ini mengabdikan ilmunya.

Akper Manggala Husada meluluskan 84 Mahasisnya. Untuk lulusan yang berprestasi pada Mahasiswa Reguler angkatan XXII, yaitu : Peringkat I : Yuliyana IPK 3.84, Peringkat II : Susi Susilawati IPK 3.84 dan Peringkat III : Fhardhaini Hasna IPK 3.75.

Sementara untuk Mahasiswa RPL berprestasi angkatan I, yaitu : Peringkat I : Sri Widayani IPK 3.18, Peringkat II : Kikies IPK 3.04 dan Peringkat III : Subono IPK 3.03. (IM)

Sumber : Direktur Akper Manggala Husada

Link : https://www.wartaperawat.com/ppni-jakarta-lulusannya-perlu-profesional-dukung-program-pemerintah/